Blue Siamese Fish ikan: arwana red banjar

Sabtu, 31 Januari 2015

arwana red banjar

Red Banjar, Arwana dari Indonesia

Ikan arwana red banjar adalah tergolong ke dalam arwana sisik perak asli dari Indonesia. Sebaran utamanya yaitu di sungai Kapuas dan Barito, Kalimantan. Biasanya dipanggil ikan siluk sirip merah. Banyak penghobi ikan hias yang menganggap arwana red banjar adalah ikan arwana super red. Padahal ini tidak benar. Warna sisik arwana banjar lebih ke warna perak dan kehijauan. Namun saat usianya bernjak dewasa, lama kelamaan sisiknya akan berubah menjadi berwarna semu merah muda. Untuk anda yang biasa membeli arwana red banjar dari ukuran 10 sampai 15cm, secara sekilas jika anda perhatikan memang sangat mirip dengan arwana super red, seluruh bagian sirip atas dan bawah semuanya menyerupai super red. Namun coba kita perhatikan saat ikan tersebut sudah memasuki ukuran 20cm keatas, warna merah perlahan akan memudar dan yang lebih kentara adalah warna oranye.
Sebelum lebih jauh lagi tentang arwana red banjar ada baiknya mengenal jenis arwana lainnya, yang bisa teman teman cek
gambar arwana red banjar | ikan hias air tawar, aneka ikan hias
Arwana Red Banjar
Okee, kita lanjut ke arwana dari indonesia ini. Para pemerhati ikan arwana menyangka bahwa darah arwana red banjar tidak mengandung darah arwana super red murni. Mungkin mengandung darah green dan silver. Karena warna dan karakteristiknya hampir sama dengan arwana super red, arwana red banjar menjadi ramai menjadi buruan pemain arwana pemula. Para penjual yang curang akan menaikkan harga ikannya karena pembeli belum mengetahui ciri - cirinya. Arwana red banjar memiliki bentuk kepala yang cenderung membulat, dan moncongnya tidak begitu lancip. Ada beberapa perbedaan lain yang dapat kita pelajari supaya kita tidak mudah diperdaya oleh oknum penjual nakal yang ada di pasar ikan hias.

Membedakan Arwana Red Banjar dan Super Red

Banyak perbedaan yang mendasar antara arwana super red dan red banjar. Sebenarnya hampir seratus persen arwana yang dijual di pasaran saat berukuran 10cm adalah red banjar. Belum pernah saya temui peternak arwana super red yang melepas arwananya berukuran 10cm ke pasar ikan. Namun ada baiknya, jika anda juga mempelajari beberapa hal ini untuk menambah wawasan anda.
Arwana Super Red
  • Sisik arwana red banjar kuning atau hijau ke perak2an, sedangkan super red terkesan merah permata.
  • Red banjar matanya terkadang sedikit juling, sedangkan super red tidak.
  • Sirip red banjar oranye dan kuning, sedangkan super red warna merahnya lebih kental.
  • Pada bagian kepala arwana super red terdapat sisik berwarna merah mutiara mendekati mata.

Harga Arwana Red Banjar

Untuk harga arwana red banjar yang mempunyai anatomi tubuh sempurna, warna sangat bagus dan sudah turunan yang kesekian, harganya sangat bervariasi, umumnya untuk ukuran 11cm sampai 14cm biasa dijual paling murah seharga 450ribu rupiah dari peternak. Dan jika sudah hampir masuk 20cm, harga red banjar yang bagus bisa naik sampai hampir mendekati 2 juta rupiah.
gambar arwana red banjar | ikan hias air tawar, aneka ikan hias
Demikian tadi yang dapat kami bagikan kepada kawan semua tentang ikan arwana red banjar, ikan arwana asli Indonesia yang berhasil menjadi primadona diantara banyak arwana yang ada di dunia, untuk mengetahui apa saja jenis nya, kawan-kawan bisa membaca postingan kami sebelumnya tentang ikan arwana dan segala jenisnya. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, he he :)

sumber: http://www.anekaikanhias.com/2014/07/red-banjar-arwana-dari-indonesia.html

8 komentar:

  1. Trims ats sharing nya ttg arwana, sangat membantu sekali, ikmal ghani - di Lampung.

    BalasHapus
  2. Apakah warna banjar red bisa berubah setelah dewasa...saya doni dari lampung selatan

    BalasHapus
  3. Apakah warna banjar red bisa berubah setelah dewasa...saya doni dari lampung selatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa berubah...tubuh akan berwarna silver dan sirip orange kemerah2 an

      Hapus
    2. Tidak bisa berubah...tubuh akan berwarna silver dan sirip orange kemerah2 an

      Hapus
  4. kalau red banjar saya ukuran 13cm kok belum keluar merah pafa sirip2 nya ya ...
    mohon pencerahannya

    BalasHapus